Hal-hal Yang Perlu Kita Renungkan Sebelum Menyesal di Hari Tua

Sumber

1. Utarakan pendapatmu!

Sekarang zamannya demokrasi (katanya), setiap orang berhak dan bebas mengutarakan pendapatnya dan hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang.  Jangan cuma diam ketika pengambilan keputusan dan menggerutu dikemudian hari.  Banyak cara untuk menyampaikan pendapat, bisa secara lisan, tulisan ataupun dengan sikap. Namun ingat! bebas bukan berarti tanpa batas. Sampaikan aspirasimu dengan cara yang sopan dan terhormat serta tidak kebablasan.  Jadi tunggu apalagi? stand up and speak your mind!

2. Tahu kapan harus berhenti

Saat kita melakukan hal-hal negatif (meskipun terkadang kita tidak mengakuinya) tentu akan terbesit (meskipun sedikit) rasa ragu ataupun kegelisahan di benak kita. Merupakan suatu keputusan yang sulit untuk berhenti melakukan hal tersebut. Alangkah baiknya jika kita renungkan sejenak dampak dari hal tersebut dikemudian hari, bisa saja hanya penyesalan mendalam yang akan kita jumpai diujung jalan. Disaat berhenti menjadi suatu keputusan yang amat sulit, bisa saja itulah yang terbaik bagi kita.

3. Berhemat

Pikirkan masa tuamu! Tidak selamanya kita menjadi anak muda, maka mulai dari sekarang renungkanlah sudah berapa banyak materi yang terbuang sia-sia hanya untuk berfoya-foya ataupun membeli barang yang tidak terlalu kita butuhkan (padahal lumayan kalau ditabung buat modal nikah), jangan mudah tergoda! Dalam pepatah dikatakan "rajin pangkal pandai", kalau kita pandai maka kita pasti berhemat, dan hemat adalah pangkal kaya.

4. Jurusan yang diambil ketika kuliah

Kenali diri kita, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion kita. Pikirkan dan pertimbangkan masak-masak jurusan yang akan kita masuki ketika kuliah, jangan sampai terlontar dari mulut kita kata-kata penyesalan dikemudian hari.

5. Traveling

Masa muda hanya sekali! jelajahi dunia keindahan dunia dan segala isinya. Tidak harus keliling dunia atau keliling Indonesia (syukur-syukur kalau bisa). Kunjungilah tempat-tempat di daerah kita yang belum pernah kita kunjungi dimana kita bisa melihat keatas dan mensyukuri nikmat hidup,  bukan malah terus-menerus menatap kebawah, sibuk bermain dengan smartphone.  

6. Kurangi berhutang!

Jangan berhutang kecuali terpaksa. Banyak orang yang berhutang agar bisa memenuhi gaya hidup yang tidak semestinya. Jangan mudah tergoda! sekarang sudah bertebaran promosi kredit murah dengan bunga rendah (padahal semakin lama semakin menggunung). Adapun jika terpaksa berhutang, sebaiknya ketahui dengan baik prosedur dan dengan siapa kita berhutang.  Hindari pula pemakaian kartu kredit bila belum perlu.

7. Berfikir matang-matang sebelum menikah

Jika sudah memutuskan untuk menikah, berarti kita sudah siap lahir batin dengan segala komitmen pernikahan bersama orang yang telah kita pilih. Banyak orang berfikir bahwa pernikahan bisa merubah seseorang, namun bisa kita lihat sendiri kenyataan disekitar kita bahwa tidak semua bisa berubah karena pernikahan. Jadi, Berfikirlah matang-matang sebelum menikah (tapi jangan terlalu matang gan, nanti basi!)

8. Menikmati Hidup

Banyak dari kita menyia-nyiakan momen-momen berharga dikarenakan  kesibukan kita di pekerjaan ataupun di media sosial. Hidup sekali hiduplah yang berarti, buat hidupmu lebih bermakna bersama orang-orang yang kamu sayangi. Nikmati dan rasakan!

9. Pendidikan tinggi

Banyak cerita mengenai orang-orang yang sukses meski tidak menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan, sebut saja Bill Gates atau Mark Zuckerberg sehingga tertanam dibenak kita bahwa tidak perlu pendidikan tinggi untuk bisa sukses. Tapi tunggu dulu, perlu kita ketahui bahwa mereka berdua dropout dari Harvard, yang mana mengindikasikan bahwa mereka berdua merupakan orang-orang yang berprestasi dan mementingkan pendidikan sehingga berusaha untuk masuk ke salah satu universitas terbaik di dunia tersebut. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa mereka dropout bukan karena tidak mementingkan pendidikan akan tetapi karena mereka sudah mempunyai visi dan perencanaan yang matang mengenai apa yang akan dilakukan kedepannya.

10. Menjaga kesehatan

Semakin tua umur kita maka kita pasti akan merasa daya tahan tubuh kita terus menurun. Ingat, kesehatan adalah mahkota diatas kepala orang-orang yang sehat dan mahkota tersebut hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang sedang sakit. Maka mulai dari sekarang mari kita tinggalkan kebiasan-kebiasan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan kita di masa mendatang. Kembali lagi bahwa penyesalan selalu datang di akhir, sedikit demi sedikit perubahan yang kita lakukan saat ini, akan kita rasakan manfaatnya di masa depan.

Sumber :

Previous
Next Post »
Thanks for your comment