Menerima Notifikasi SMS Saat Menerima Email Tertentu

Source : http://blog.laptopmag.com/

NB Google sudah menghentikan pengiriman SMS melalui Google calendar

Terkadang mungkin anda malas memeriks E-mail pada saat berpergian, atau terkadang juga anda lupa untuk memeriksa email pada saat anda sedang Berpergiarn. Kali ini saya akan memerbirkan Trick bagaimana cara menerima SMS saat email penting atau email terntetu masuk ke inbox Gmail anda.

Tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat label yang bernama "sendsms" (tanpa tanda kutip). 


Sebelum dapat menerima SMS dari google anda harus mendaftarkan Nomer Telepon anda Pada Google Calendar, Caranya dapat dilihat disini

Caranya buka email gmail anda di mail.google.com , klik tanda Gear (Roda Gigi) pada bagian kanan atas, lalu pilih setting

Settings

Kemudian pilih Tab Label pada Settings. Lalu pilih Create New Label.

Create New Label
Kemudian pada bagian label name masukkan nama "sendsms" (tanpa tanda kutip) lalu klik Create , seperti pada gambar berikut.

Label name "sendsms"

Setelah membuat label baru, kita akan membuat filter baru. Pindah ke Tab Filters pada settings  lalu create new filter.

Membuat Filter Baru
Pada bagian ini anda akan memilih email mana sajakah yang akan masuk ke dalam label "sendsms" yang nantinya akan anda terima notifikasinya via SMS. Sebagai contoh kali ini jika anda ingin menerima notifikasi sms dari email blabla@gmail.com (atau bisa email lainya) maka masukkan seperti gambar berikut. 

Filter berdasarkan alamat email pengirim
Arti gambar di atas adalah, jika anda menerima email dari blabla@gmail.com maka email tersebut akan masuk ke dalam Label "sendsms". Anda juga bisa memfilter email tertentu dengan kata kata tertentu, misalkan saya ingin menerima notifikasi dari setiap email yang berisikan kata "Kaskus" maka pada kolom "Has the words" saya isikan kata kaskus, seperti pada gambar berikut.
Memfilter semua email yang mengandung kata "kaskus"

Namun apabila anda ingin menerima notifikikasi dari semua email yang masuk ke inbox anda maka anda cukup mengisikan is:inbox pada kolom Has the words. Seperti pada gambar berikut.

Memfilter semua email yang masuk ke inbox
Oke setelah anda memilih filter apa yang anda inginkan, klik Creat filter with this search pada bagian bawah form tersebut. (pada contoh kali ini saya akan memfilter semua email dengan kata lazada)


Pada bagian Apply the label pilih label sendsms yang telah kita buat tadi.

Setelah semua proses di atas berakhir lalu klik Creat Filter.


Selanjutnya adalah proses yang paling penting yaitu membuat script agar Google Calendar nantinya dapat mengirim sms jika ada Email penting yang masuk, Caranya adalah Sebagai berikut.


Login ke google Drive anda (Sesuai dengan alamat email yang telah dibuat label tadi)
Klik disini untuk meng-copy script spreadsheet yang telah dibuat. Klik Yes, make a copy.
Pada Spreadsheet tersebut pilih select Tools-> Script Editor.

Script editor

Setelah terbuka tab baru Lalu Pilih Resources-> Current project's triggers.
Current project's triggers

Setelah windows baru terbuka, klik Add new trigger.. kemudian pada Run ketik nama label yang sudah dibuat tadi yaitu sendsms pada event pilih Time-driven kemudian pilih Minutes Timer dan yang terakhir Every 30 minutes (Sesuai Keinginan)

Klik add a new trigger
add new triiger

Setelah semuanya di setting , klik save dan kemudian klin Authorize. Kemudian klik Close dan save lagi trigger yang telah di buat tadi..

Jadi Sekarang Google drive akan mengecek setiap 30 menit apakah ada email dengan kata "Lazada" masuk ke inbox , jika ada maka script tersebut akan mengirimkan SMS ke alamt yang sudah didaftarkan pada google Calendar.

[Update: 03-Mar-2014]

Disclaimer:

– Google mempunyai limit yang terbatas dalam mengirim SMS, jadi terkadang script ini akan berjalan dengan baik terkadang tidak.

Sumber :

http://techawakening.org/
https://plus.google.com/116263732197316259248
Previous
Next Post »
Thanks for your comment