Menerima Notifikasi SMS dari Google Calendar


Source : http://growingyourbiz.co/
NB : Google sudah menutup notifikasi via SMS

Bagi anda yang sibuk mungkin Anda terkadang sering melewatkan jadwal-jadwal penting misalkan ulang tahun Pacar, atau Kegitan lainnya, dengan Google Calendar Anda dapat meminimalisir kejadian tersebut, bagaimana caranya?

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah meregsitrasi nomer telpon anda ke dalam Google Calendar, apa fungsinya? Fungsinya adalah agar Google Calendar pada nantinya dapat mengirimkan SMS Notifikasi ke Device Anda. 

Langsung saja, Buka Google Calendar anda, Lalu klik tanda Gear (Roda Gigi) pada bagian kanan Google Calendar, kemudian pilih Settings. Kemudian pilih Tab Mobile setup kemudian pilih Negara asal kita (Indonesia) , Pada bagian phone number  isikan nomer Handphone kita dengan diawali +62. Jadi jika nomer Handphone anda dalah 0812345678 maka anda harus ketik +62812345678 (Ganti angka 0 dengan +62 ) lalu klik Send Verification Code maka nanti akan ada SMS masuk ke Handphone anda dengan isi Verification Code. Setalah menerima sms tersebut masukkan Verification Code tersebut ke kolom Verfication Code pada Setting
Mobile Setup
Setelah proses verifikasi berhasil, klik save.


Proses terpenting sudah terlewati sekarang waktunya membuat jadwal yang kita inginkan. Misalkan saya akan membuat jadwal datang ke Undangan Pernikahan Teman Saya pada tanggal 28 November 2014. Caranya adalah kembali menuju Google Calendar anda.,Lalu klik Month pada bagian kanan atas. Kemudian Pilih pada tanggal berapa anda akan membuat event tersebut. (pada contoh ini pada tanggal 28 November) maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Add Event

kemudian Klik Edit Event, maka jendela baru akan muncul seperti berikut.
Notifikasi via SMS
Pada bagian Notificatioans pilih SMS kemudian 1 Days before at 9.00.  Ini artinya anda akan menerima sms konfirmasi 1 hari Seblum Tanggal 28 November sebelum jam 9.00 Pagi, anda dapat mengubahnya sesuai keinginan anda. Setelah Setting Notifikasi berkhir, kemudian Save Calendar Tersebut.

Cukup mudah bukan? Jadi anda tidak perlu takut lagi kehilangan acara-acara penting dalam kehidupan anda.


NB : Google terbatas dalam mengirimkan SMS jadi terkadang SMS yang anda terima tepat waktu, terkadang juga tidak.

Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di Komentar,

THX 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment