Tutorial Menghapus Iklan BBM Permanen




BBM (Blackberry Messenger) adalah salah satu aplikasi chat yang terkenal di Indonesia seiring dengan boomingnya hp Blackberry. Saat ini aplikasi chat ini tidak eksklusif lagi di hp Blackberry saja, tapi juga di hp lain seperti Android & iPhone.  Pada saat awal rilis aplikasi ini di platform lain, BBM ini hanya menawarkan fitur standar chat saja, seperti chat ke sesama pengguna BBM, group chat, dll. Tapi seiring dengan perkembangannya, sekarang ini fitur BBM juga semakin banyak, antara lain dapat melakukan panggilan suara & video antar pengguna BBM. Peningkatan fitur ini juga ada dampaknya karena selain menambah fitur , pengembang BBM juga menyisipkan iklan-iklan & feeds yang mengganggu.  Nah, untuk mengatasi iklan & feeds tersebut, aku mencoba membagikan triknya. 

Baca dan cermati baik-baik setiap langkah trik ini. Trik ini HANYA untuk pengguna Android saja.
Syarat & bahan: 
1. Hp sudah root (wajib); 2. Sudah menginstal versi BBM terbaru dari Google Play Store. Jika menggunakan BBM
mod, hapus BBM mod tersebut dan ganti ke BBM official; Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bbm 3. Download & install Root Explorer Pro v4.0.7 Cracked (skip langkah ini jika sudah punya); Download: https://app.box.com/s/mcadyuj5fy3qbz3bzsctjbzvs2c8xza6 4. Download & install SQLite Editor Pro v2.2 Full (skip langkah ini jika sudah punya). Download: https://app.box.com/s/5arldm8emazkyhkf7jlx9dluijwp72b4 5. Download & install BusyBox Pro v54 (skip langkah ini jika sudah punya). Download: https://app.box.com/s/9bjhe0bgxnp22kamlx1i7nn1gq8m103d Untuk mengetahui di hp sudah ada busybox atau belum, silahkan download aplikasi Terminal Emulator ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=jackpal.androidterm Lalu ketik “busybox” (tanpa tanda petik)  , tekan Enter. Jika busybox sudah terinstal, maka akan muncul versi busybox, tetapi jika muncul kalimat “busybox not found” berarti belum terpasang busybox.
Langkah-langkahnya:
1. Pastikan sudah menginstal BBM versi official. Force stop dulu BBM supaya dapat diedit
dalemannya.  
 
2. Kemudian buka SQLite Editor, ijinkan akses root jika ditanya. Kemudian pilih BBM di tab “Apps”. Pilih “Browse”, pilih folder “files”, pilih folder “bbmcore”, scroll ke bawah pilih file “ads.db”.
 
3. Kemudian muncul bagian-bagian dari file “ads.db” tersebut, pilih “Settings”.
 
4. Tampil bagian dari “Settings”, tap di bagian angka di bawah tulisan “isEnabled” (1). Kemudian tap “simbol pensil” di bagian atas (2).
 
5. Muncul beberapa tulisan dan angka. Jangan lupa scroll ke bawah.

Lalu ganti angka-angka di situ:
isEnabled = ganti ke angka 0 (nol) ViewThreshold = ganti ke angka 0 (nol) PostFrequency = ganti ke angka 0 (nol) EnablePostAdPrefetch = ganti ke angka 0 (nol) ScrollEnabled = ganti ke angka 0 (nol) ScrollBatchSize = biarkan standar ScrollFrequency = ganti ke angka 0 (nol) ScrollOpenSpaceFetchThreshold = biarkan standar
 
Dan ganti juga angka-angka berikut:
ScrollUnrenderedFetchThreshold = ganti ke angka 0 (nol) FeaturedChannelsFeedEnabled = ganti ke angka 0 (nol) FeaturedChannelsFeedIndex = ganti ke angka 0 (nol) FeaturedChannelsFeedHighActivityTimeFreq = biarkan standar FeaturedChannelsFeedHighActivityFreq = ganti ke angka 0 (nol) FeaturedChannelsFeedLowActivityTimeFreq = biarkan standar EnableChatListAds = ganti ke angka 0 (nol) EnableInChatAds = ganti ke angka 0 (nol)
6. Scroll lagi ke bawah, lihat di bagian “UISettings”. Di situ ada banyak tulisan.
Cari tulisan “ \”enableVideo\”:true ” kemudian ganti ke “ \”enableVideo\”:false ” . Di hp ku ada 2 bagian tulisan itu. Setiap hp tidak sama jumlahnya. Sesuaikan dengan hp masing-masing.
 
  • (sudah diganti ke “false”): 
  • (sudah diganti ke “false”):
7. Scroll lagi ke bawah di bagian akhir dari “UISettings”. Cari tulisan:
“enableAdMobTop”:true “enableAdMobBanner”:true “enableAdMob”:true Ganti “true” ke “false”. Jika sudah “false” biarkan saja, jangan diganti 
 
8. Scroll terus ke bagian paling bawah , ganti tulisan;
LimitAdTracking = ganti 0 (nol) ke 1 (satu) HasNoAdsSubcription = ganti 0 (nol) ke 1 (satu)
Ddi atas memang masih 0 (nol) karena belum diganti. Ganti kedua angka (nol) tersebut ke angka 1 (satu). Jika sudah semua, tekan tombol “Save”.
9. Exit SQLiteEditor Pro, kemudian buka Root Explorer Pro. Buka folder : /data/data/com.bbm/files/bbmcore/ scroll ke bawah, cari file “ads.db” dan ads.db-journal” , atur perijinan kedua file itu ke “Read Only” atau “Octal = 0400”. Caranya tekan dan tahan file tersebut , tap 3 titik pojok kanan atas, pilih “Permission”.
Tap “OK”
Tap “OK” 10.Selesai. Silahkan buka BBM dan lihat hasilnya. Trik sudah aku test , work 100% di hp: 1. Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Android 5.1.1 , 6.0.1 & 7.1.1) 2. Xiaomi Redmi 1s (Android 4.4.4) 3. Xiaomi Redmi 4 Prime (Android 6.0.1) 4. Xiaomi Redmi Note 3G (Android 4.4.2) 5. Xiaomi Redmi 3 (Android 5.1.1) 
 
DWYOR!!!
 
©Credit: Exodius Exorcist 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment