Tutorial DeOdex ROM MIUI 8 di Smartphone Xiaomi


Pernahkah kamu dengar istilah Odex dan Deodex pada sebuah rom android? Terkhusus pada bahasan kali ini apakah sebenarnya pengertian dari Deodex dan Odex pada rom Miui itu? Apa fungsinya, misal rom miui 8 masih Odex atau sudah deodex apa kelebihan serta kekurangannya? Lantas bagaimana cara agar rom miui 8 kita bisa berstatus Deodex? Nah loch banyak banged pertanyaannya, ok admin akan coba bahas satu-persatu berikut ini:

Di jaman sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan ekstensi file .apk ? Bisa dipastikan hampir semua orang mengetahui ekstensi file tersebut, iya kan?! Siapa lagi yang punya kalau bukan Android yang merupakan raja dari Sistem operasi Mobile saat ini dan Xiaomi adalah salah satu pengguna setia OS Android. Hanya saja pada Xiaomi sudah dibubuhi beberapa customisasi antarmuka khusus khas Xiaomi sehingga jadilah Android Miui. Dikarenakan Xiaomi menjalankan sistem operasi Android pastilah di dalamnya ditemui banyak aplikasi berekstensi .apk (walau tidak semuanya, ada juga .jar, dex, xml, dan sebagai macamnya)

Jika kamu lihat pada direktori root/system/app/ dan juga root/system/priv-app/ maka kamu akan banyak menemui file berekstensi .odex di masing-masing folder. Tiap-tiap file .odex tersebut mewakili aplikasi berekstensi .apk. Ada pun fungsi dari file .odex ini adalah guna mempercepat proses booting pada smartphone xiaomi kamu, selain itu juga bertujuan untuk menghemat penggunaan data. Sedikit banyak kamu sudah mengetahui kan fungsi dari file odex yang ada pada rom Miui?! Lantas apa yang di maksud Deodex?!

Sebelum melangkah ke Deodex, mari kita bahas sedikit saja tentang file .dex, nah loch ada apa emang dengan file .dex? Karena secara umum adanya file Odex dikarenakan sebelumnya ada file .dex. Nah file dex ini adalah file yang sudah dikompile sedemikian rupa sehingga menjadi file aplikasi yang dapat digunakan oleh dalvic VM. Sederhananya file .dex itu seperti .exe nya pada Windows. Sedangkan file .odex adalah file yang sudah mengalami pre-compile sehingga hanya bisa menjalankan tugas tertentu saja sehingga bisa digunakan pada firmware. Okey sekarang sudah tahu kan pengertian dan fungsi dari file dex dan Odex, kita lanjut pada bahasan terakhir yaitu Deodex.

Sejalan dengan kata "De" di depannya, Deodex sendiri berarti proses pengembalian kembali file.dex, yang dalam proses pengembalian ini akan mengambil cache pada ODEX sehingga kemudian bisa digunakan untuk menyusun kembali file berekstensi apk. Dalam proses recompile atau pengemasan ini kan menjadi file classes.dex. Sebagai gambaran umum juga jika melakukan DeOdexing maka semua paket apk yang sebelumnya terpisah-pisah maka akan disatukan kembali dalam sebuah apk. 

Dari penjelasan panjang lebar di atas, kembali lagi ke pertanyaan sederhananya adalah bagaimana cara Deodex rom Miui 8? Persiapkan bahan-bahan di bawah ini.

- Assayyed Kitchen v1.82 [DISINI]

Caranya:
1. Disable terlebih dahulu antivirus kamu
2. Ekstrak Assayyed Kitchen v1.82 menggunakan aplikasi winrar atau sejenisnya
3. Setelah itu jalankan ASSAYYED.exe (run as administrator). nanti akan muncul jendela CMD yang berisikan banyak pilihan
4. Siapkan rom recovery .zip sesuai dengan tipe ponsel xiaomi kamu. Buat yang belum punya silahkan ambil [DISINI]
5. Pindahkan rom Recovery .zip tersebut ke folder PLACE
6. Pilih no. 1 yaitu New Project
7. Tinggal tekan enter saja atau bisa kamu lihat pada perintahnya
8. Pilih nomor 1 lalu enter
9. Dikarenakan proses Deodex rom miui 8 ini cukup menyita banyak waktu jika dijabarkan dalam tulisan, maka dari itu sudah admin buatkan dalam bentuk video di bawah ini agar kamu lebih mudah dalam memahami dan mempraktekkannya


Dikarenakan tujuan utama kita dari Deodex rom miui 8 ini adalah untuk membuat rom global miui 8 versi kamu sendiri yang bisa disisipkan bahasa Indonesia.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat...

©Credit: Miuitutorial
Previous
Next Post »
Thanks for your comment