10 Cara Cek Sony Xperia Asli dan Palsu

Semakin majunya perkembangan suatu teknologi komunikasi terbaru khususnya dibidang smartphone membuat kita semua harus mengetahui cara cek HP Sony asli atau palsu. Mengapa? Karena belakangan ini, beberapa orang selalu tergiur melakukan bisnis yang merugikan orang lain dengan membuat berbagai produk tiruan demi memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Seperti Sony Xperia XA (Dual atau Ultra), Sony Xperia Z6, Sony Xperia Z5 Premium Dual/ Compact, Sony Xperia Z4, Sony Xperia Z3, Sony Xperia E5, Sony Xperia X Performance, Sony Xperia M5 Dual, Sony Xperia C5 Ultra, Sony Xperia C4 Dual, Sony Xperia Z3 Dual, Sony Xperia E4 Dual, Sony Xperia E3 Dual dan device Sony lainnya.

Sony Xperia Z

Mastah Loka Tekno pun pernah menulis artikel tentang Cara Membedakan Sony M4 Aqua Asli dan Palsu yang patut kita jadikan sebagai referensi tambahan. Sebagai konsumen, memang kita hendaknya harus jeli Apabila tidak ingin dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Dengan mengetahui cara cek keaslian Sony Xperia agar terhindar dari penipuan merupakan langkah awal agar anda tidak menyesal ketika membeli smartphone besutan Sony.

Sebelumnya penulis pernah membahas tentang 12 Cara Membedakan Smartphone Sony Xperia Asli yang membuat kita sebagai konsumen memang harus peka. Melanjutkan postingan tersebutlah kali ini Bedakan Smartphone membahas tentang 10 Cara Cek HP Sony Xperia Asli dan Palsu.


1. Spesifikasi Perangkat
Cara cek HP Sony asli yang pertama adalah jangan malas untuk membaca spesifikasi sebelum anda menetapkan pilihan. Bacalah secara rinci spesifikasi dari smartphone Sony yang akan anda beli, seperti spesifikasi jaringan. Apabila Sony Xperia asli memiliki jaringan 4G namun ketika anda membelinya hanya memiliki jaringan 3G saja, anda patut curiga karena spesifikasi produknya tidak sesuai sudah pasti itu palsu.

Selain jaringan, spesifikasi prosesor yang digunakan juga harus dijadikan acuan. Kapasitas RAM dan ROM juga patut dijadikan penilain. Biasanya Apabila produk Sony asli membawa RAM 2 GB, produk Sony palsu menggunakan RAM 1 GB bahkan ada yang menggunakan 512 MB saja. Mengapa? Karena dengan mengurangi kapasitas RAM mereka bisa menjual produk lebih murah sehingga lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Tidak hanya itu saja, kwalitas kamera utama dan kamera depan juga harus diperhatikan beserta fitur-fitur yang didukungnya. Biasanya kamera pada Sony Xperia palsu lebih buram karena ada beberapa nosie yang tampak.

Berat smartphone Sony Xperia, bahan layar yang digunakan, keberadaan Wi-Fi dan hotspot, Bluetooth sampai dengan baterainya juga harus diperhatikan dengan baik apakah barang tersebut sesuai dengan daftar spesifikasi yang anda baca atau tidak. 


2. Kejernihan Layar
Kerapatan pixel pada layar menentukan ketajaman atau kejernihan layar suatu smartphone. Biasanya produk Sony Xperia palsu memiliki kerapatan pixel yang rendah sehingga layar terlihat buram ketika melihat foto atau memutar video. Apabila anda pengguna Sony Xperia, berhati-hatilah jika memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan anda. Karena Apabila kwalitas layarnya tidak layak anda pasti akan menyesal karena gambar yang anda ambil akan selalu tampak buram dan tidak jernih pada smartphone Sony Xperia anda.

3. Performa Device
Cara cek Sony Xperia asli dan palsu berikutnya yakni dengan mencoba sendiri performa perangkat. Apabila anda membandingkan produk ori Sony Xperia dengan produk replika, maka hasil akhir akan menunjukkan bahwa perangkat original-lah yang akan keluar sebagai pemenang.

Alasannya adalah karena pada umumnya akses dan pengoperasian perangkat Sony Xperia palsu lebih lambat serta membutuhkan sedikit kesabaran bagi anda. Bagaimana tidak, pengurangan kapasitas RAM yang terdapat di dalam Sony supercopy terlalu kecil. Hal ini dilakukan tentu untuk memangkas harga jual produk agar lebih murah.

Apabila Sony Xperia asli menggunakan RAM 2 GB, biasanya Sony Xperia tiruan menggunakan RAM biasanya 512 MB atau paling banter 1 GB saja. Sehingga ketika anda menggunakannya untuk multi-tasking menjadi lebih lambat ketimbang aslinya.


4. Fitur NFC
Keberadaan NFC juga patut dijadikan cara cek Sony Xperia asli atau palsu. Apabila smartphone Sony yang akan anda beli memiliki spesifikasi berupa NFC, ketika anda melepaskan baterai dari perangkat, maka akan terlihat baris NFC connector-nya berupa seperti jalur timah kuning.

Ciri Sony Xperia palsu, NFC Connector ini akan terlihat lebih jelas. Mengapa? Karena untuk memperlihatkan kepada pengguna bahwa ada fitur NFC didalamnya (yang sebenarnya adalah hiasan belaka). Ciri Sony Xperia asli NFC akan terlihat sedikit saja dan lebih terkesan terlindung.


5. Desain dan Warna
Cara cek produk Sony Xperia asli dan palsu selanjutnya adalah melalui bentuk desain serta warna. Pada umumnya, setiap vendor Sony Xperia selalu memiliki ciri khas akan produk yang di produksinya. Meskipun produk Sony Xperia supercopy terlihat sama, namun bentuk, desain dan warna perangkat original dan palsu pasti berbeda.

Apalagi berat perangkat sudah pasti kebanyakan tidak sama jika ditimbang. Jika berat smartphone Sony Xperia anda 133 gram, bisa jadi berat Sony Xperia palsu mencapai 140 gram. Menyamakan berat suatu smartphone tentu membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Pelaku pembuat smartphone Sony Xperia palsu tidak akan mau menghabiskan banyak dana hanya untuk menyamakan berat perangkat saja.

Selain berat, ukuran layar serta detail warna dari perangkat juga dapat dijadikan acuan untuk mengetahui apakah smartphone Sony Xperia tersebut replika atau ori. Ciri smartphone Sony Xperia asli memiliki layar dengan bahan yang berkwalitas tentunya karena perangkat besutan Sony di pasarkan secara Internasional.


6. Aplikasi Benchmark
Aplikasi Antutu Benchmark juga patut dijadikan sebagai cara cek Sony Xperia asli atau palsu. Fungsi aplikasi ini adalah untuk mengetahui lebih detail mengenai software dan hardware yang digunakan perangkat akan lebih dapat dipercaya informasi tentang perangkat Sony Xperia yang ingin diketahui statusnya tersebut. Melalui aplikasi uji coba Benchmark ini maka anda dapat mengetahui performa sampai kecepatan dari smartphone Sony Xperia yang anda gunakan.

7. Data Exif Foto
Cara cek keaslian Sony Xperia melalui data exif foto yang diambil menggunakan kamera di perangkat Sony Xperia anda sendiri, maka dapat diketahui secara jelas keaslian dari smartphone Sony Xperia anda. Bagaimana cara menggunakan exif foto Sony Xperia?

Saat anda memotret suatu obyek menggunakan kamera di perangkat Sony Xperia anda, lalu mengecek hasilnya di Galeri atau juga ketika dipindahkan ke PC, pada properties akan terlihat data exif lengkapnya. Disana rincian lengkap mengenai ulasan gambar akan terlihat jelas mengenai hasil tangkapan Sony Xperia tersebut.


8. Harga Handphone
Adapun tips lain untuk cara cek keaslian Sony Xperia adalah dengan melihat dari segi kualitas dan harganya. Perbandingan Spesifikasi dan Harga Sony Xperia terbaru yang ingin Anda beli harusnya bisa sesuai. Apabila disandingkan dengan produk original, maka spesifikasi dan kualitas dari barang palsu tidak dapat melampauinya. Selain itu, produk mahal tentu saja memiliki kualitas yang baik. Begitu pula produk Sony Xperia asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal. Ingat kata pepatah “harga menentukan kualitas”.

9. Cek Garansi Sony
Cara cek produk Sony Xperia asli dan palsu berikutnya adalah dengan mengecek garansi. Dizaman yang serba canggih ini, banyak sekali oknum yang membuat kartu garansi palsu. Namun, tidak semua pembuat perangkat Sony Xperia palsu mampu untuk membuat kartu garansi mirip aslinya. Oleh karena itu, cara identifikasi produk Sony Xperia asli atau palsu melalui kartu garansi juga cukup efektif.

10. Gunakan IMEI
Salah satu ID unik yang dimiliki setiap smartphone disebut dengan IMEI. Cara cek Sony asli atau palsu bisa dengan mengetahui IMEI android Sony Xperia yang anda miliki. Cara cek Kode IMEI Sony Xperia sangat mudah yaitu dengan menekan *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone anda saja.

Ketika kode IMEI sudah muncul pada layar, silahkan anda coba cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian. Selain itu, anda juga bisa pergi ke website Sony untuk melakukan pengecekan IMEI. Apabila smartphone Sony Xperia anda memang benar-benar asli maka disana akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa IMEI smartphone anda cocok dan produk yang anda miliki original.


Kesimpulan
Cara cek keaslian Sony Xperia di atas sangat ampuh digunakan untuk menghindari kasus penipuan smartphone. Penulis merekomendasikan anda menerapkan cara di atas sebelum membeli handphone Sony Xperia kesayangan anda.

Demikianlah 10 Cara Cek Sony Xperia Asli dan Palsu yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Bagikan keteman atau kerabat terdekat anda agar mereka juga tidak terkena tipu oleh produk abal-abal Sony Xperia. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kita semua dan membuat kita lebih bijak serta berhati-hati dalam memilih smartphone untuk memenuhi kebutuhan harian. Cara di atas bisa digunakan pada semua produk Sony seperti; Sony Xperia XA (Dual atau Ultra), Sony Xperia Z6, Sony Xperia Z5 Premium Dual/ Compact, Sony Xperia Z4, Sony Xperia Z3, Sony Xperia E5, Sony Xperia X Performance, Sony Xperia M5 Dual, Sony Xperia C5 Ultra, Sony Xperia C4 Dual, Sony Xperia Z3 Dual, Sony Xperia E4 Dual, Sony Xperia E3 Dual dan device Sony lainnya. Terimakasih telah berkunjung….
Previous
Next Post »
Thanks for your comment