Pesan Tersembunyi dibalik Logo Perusahaan-Perusahaan Terkenal di Dunia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Logo, ya hampir setiap hari kita melihatnya, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi (teet...mbah surip gan!). Coba saja mulai dari bangun tidur perhatikan sekeliling kita, mulai dari sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi, sampo, Handphone, TV, laptop, dan masih banyak lagi yang lainnya yang mungkin kalau saya tulis udah kayak mau pindah rumah.

Sebelum kita ke inti dari tulisan ini, alangkah baiknya kalau kita mengetahui definisi dari logo itu sendiri, mengutip dari Wikipedia, logo merupakan :

"A logo (abbreviation of logotype, from Greek: λόγος logos "word" and τύπος typos "imprint") is a graphic mark, emblem, or symbol commonly used by commercial enterprises, organizations and even individuals to aid and promote instant public recognition. Logos are either purely graphic (symbols/icons) or are composed of the name of the organization (a logotype or wordmark)."

Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, kurang lebih seperti ini :
"Logo (singkatan dari logotype,  berasal dari bahasa Yunani yaitu logos dan typos) adalah sebuah gambar, lambang atau simbol yang biasa digunakan oleh perusahaan, lembaga, organisasi ataupun perseorangan untuk memperkenalkan diri kepada publik. Logo bisa berbentuk gambar murni (simbol/ikon) ataupun  nama lembaga tersebut (wordmark)"

Dari ulasan diatas kita bisa mendapat sedikit gambaran mengenai logo. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang beberapa logo perusahaan terkenal dan pesan tersembunyi yang ada dibalik logo-logo tersebut.



FedEx merupakan perusahaan jasa kurir yang berbasis di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Nama FedEx merupakan singkatan dari Federal Express. Jika sekilas memperhatikan logo dari FedEx mungkin kita hanya melihat tulisan FedEx yang simpel, tapi bila diperhatikan lebih teliti pada ruang kosong antara huruf "E" dan "x" kita akan melihat tanda panah yang mengarah ke kanan. Dibalik logo ini ternyata terkandung muatan yang membawa pesan kecepatan dan akurasi yang menjadi image bagi perusahaan ini. Bisakah anda melihat tanda panah tersebut?



Amazon.com merupakan perusahaan  jual beli online asal Amerika yang menjual berbagai macam produk eletronik. Logo dari amazon sendiri terdiri dari tulisan amazon.com dengan garis melengkung berwarna oranye dibawahnya. Mungkin terlihat biasa saja, atau mungkin anda berpikir bahwa garis tersebut hanya merupakan hiasan belaka, namun jika kita perhatikan garis tersebut melengkung dari huruf "A" ke huruf "Z" dimana melambangkan variasi produk yang dijual di amazon, secara sederhana kita bisa mengatakan "Dari A sampai Z semuanya ada di Amazon", kira-kira seperti itu gambaran sederhananya. Selain itu, garis tersebut juga melambangkan senyum yang mewakili perasaan puas dari konsumen.

3. Carrefour oleh Miles Newlyn


Carrefour merupakan perusahaan retailer asal Perancis yang menjadi perusahaan retail terbesar keempat di dunia. Carrefour dalam bahasa Perancis berarti persimpangan jalan (crossroads) sehingga dalam logonya kita akan melihat dua tanda panah ke kiri dan kanan berwarna merah, biru dan space putih kosong ditengahnya yang mana warna-warna tersebut merupakan warna bendera Perancis, yang mungkin luput dari perhatian kita adalah huruf “C” yang ada diantara kedua tanda panah tersebut

4. Toyota 


Toyota merupakan perusahaan otomotif yang berbasis di Toyota, Aichi,  Jepang. Di Indonesia sendiri mobil-mobil dari Toyota menjadi primadona di tengah masyarakat sebut saja avanza yang dijuluki mobil sejuta umat. Logo Toyota tentunya sudah melekat dibenak kita, logo ini terdiri dari tiga lingkaran yang menjadi symbol dari tiga hati; hati konsumen, hati dari produk-produk Toyota dan hati dari perkembangan teknologi. Namun tidak sampai disitu saja, ternyata ada pesan tersembunyi dari logo tersebut yang mungkin kita belum ketahui, logo ini ternyata membentuk masing-masing huruf dari Toyota mulai dari huruf “T” sampai huruf “A”!

5. LG 


LG yang sebelumnya bernama Lucky Goldstar merupakan perusahaan elektronik  asal Korea Selatan. Logo dari LG membentuk sebuah wajah yang sedang tersenyum yang dibentuk dari huruf L dan G, huruf “L” membentuk hidung dan huruf “G” membentuk muka. Yang unik dari logo ini adalah banyak orang yang memplesetkan logo ini menjadi simbol pacman.


Sebenarnya masih sangat banyak logo dengan berbagai pesan tersembunyi didalamnya, mudah-mudahan dapat saya update pada kesempatan berikutnya, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.






Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Siva Kumar
admin
May 19, 2020 at 5:46 PM ×

HP Printer Setup
HP Printer Setup
HP Envy 5055 Driver

Congrats bro Siva Kumar you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment