cara membuat program sederhana dengan php

cara membuat program sederhana dengan php

update maret 2016

SQL>>Download>>HTMLEditor.exe

Pada kasus contoh pengimplementasian MySQL di PHP kali ini, akan dibuat aplikasi sederhana Toko Buku  xxx yang berisikan book list (daftar buku) dan pemprosesan belanja. Kemampuan dasar PHP yang harus dipahami adalah variabel, array, looping, HTML form, dan fungsi-fungsi MySQL, serta perintah SQL sederhana seperti SELECT dan INSERT. Selain itu, diperlukan kemampuan dasar HTML, serta pengetahuan CSS untuk perapihan tampilan.
Ilmu php adalah ilmu pemahaman, jadi untuk bisa mmbuat program berbasis php maka akan  saya jelaskan secara singkat mengenai variabel, aray, looping dan html.


1. Mengenal Variabel pada PHP-Variable adalah suatu wadah/tempat untuk menyimpan data sementara. Artinya, selama browser belum ditutup, data variable masih tersimpan di memori komputer. Data variable sewaktu-waktu bisa saja kita panggil atau tampilkan di ubah atau diganti nilainya.
Cara menulis variable yang benar
Sebelum lebih jauh membahas tentang variable kita harus tau bagaimana cara menulis nama variable yang benar, diantaranya :
  • Variable selalu diawali dengan tanda dolar ($), lalu diikuti dengan nama variable
  • BISA ANDA TULIS DENGAN NOTEPAD DENGAN EXTENSI .PHP (Save As dengan format .php)
  • Hanya ada tiga jenis karakter yang dapat digunakan untuk pemberian nama variable, yaitu huruf, angka,dan garis bawah (_)
  • Pada karakter pertama di sebuah variable setelah tanda $huruf berupa huruf atau garis bawah, tidak boleh angka atau yang lainya.
  • Jika nama variable lebih dari satu kata, tidak boleh memisahkanya dengan spasi, sebagai cara untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan tanda (_)
  • Terakhir , nama variable itu adalah case sensitif, artinya pada pemerograman PHP itu membedakan huruf besar dan huruf kecil. Kita contohkan $Yes berbeda dengan $YES, yang nantinya sangat berpengaruh saat variable di gunakan, jadi di harapkan anda lebih teliti dalam menulisnya.
Sebagai contoh anda bisa melihanya melalui script PHP dibawah ini :
<?php
$tes;
$_tes;
$dua_kata;
$yes12345;
$wiro212sinto454;
echo"Apabila tulisan ini tampi,<br><br>
maka semua pemberian nama variabel sudah benar:";

?>
Jalankan script php di atas di browser anda, disini saya menyimpan dengan nama Latihan2.php jadi saya mengakses di browser saya http://localhost/modul1/Latihan2.php dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :


2. ARRAY
array merupakan sekumpulan variable yang memiliki nama sama tapi nama tersebut dibedakan oleh suatu indeks. Ada pula jenis jenis array yaitu sebagai berikut:
1. Numeric Array: Array dengan indeks numeric
2. Associative Array: Array dimana key ID berhubungan dengan nilai array
3. Multidimensional Array: Array yg terdiri dari beberapa array
Berikut adalah penjelasan dari jenis – jenis array:
1. Numeric Array
  • Numeric array menyimpan setiap elemen array dengan indeks numeric
  • Terdapat 2  metode penulisan untuk numerical array
>Cara pertama:
$cars=array (“saab”,”volvo”,”BMW”,”toyota”) ;
>Cara kedua:
<?php
$cars [0]= “saab” ;
$cars [1]= “volvo” ;
$cars [2]= “BMW” ;
$cars [3]= “toyota” ;
Echo $cars[0]. ”and”. $cars[1]. “are swedish cars”. ;
?>
>hasil tampilan:
Saab and volvo are swedish cars.

2. Associative Array
  • Pada associative array setiap ID memiliki isi dari array tsb.
Contoh:
<?php

$ages [‘rio’]= “18” ;

$ages [‘bagus’]= “17” ;

$ages [‘rico’]= “15” ;

Echo “umur rio adalah”. $ages [‘rio’]. “tahun”. ;

?>
  • Hasil tampilan
Umur rio adalah 18 tahun

3. Multidimensional array
Multidimensional array merupakan array yang mempunyai isi nilai yang berupa array lain yang berada di dalamnya, multidimensional array bisa memudahkan program. Multidimensional array dapat membuat beberapa array sekaligus.


3. LOOPING 

Looping atau perulangan adalah suatu cara melakukan sesuatu secara berulang-ulang dengan menggunakan kode program. Misalnya, apabila kita ingin menampilkan “Hello World” sebanyak sepuluh kali, kita hanya perlu menuliskannya sekali. Kode php-lah yang akan menampilkannya sebanyak sepuluh kali. Looping pada php ada beberapa jenis, misalnya for, while, foreach dan do-while.

Looping menggunakan for
Untuk looping yang pertama yaitu for. Contoh cara menggunaka looping dengan menggunakan for adalah sebagai berikut:

<?php 

for ($i=1; $i <= 10; $i++) {
echo "hello world";
}

?>
 
Dengan menggunakan kode seperti diatas, maka tulisan ‘hello world’ akan ditampilkan sebanyak 10 kali. Perhatikan statement yang berada di dalam tanda kurung setelah for, pada statement tersebut dinyatakan bahwa nilai awal dari variabel $i adalah 1 ($i = 1). Kemudian, selama $i kurang dari sama dengan 10 maka perulangan akan terus dijalankan ($i <= 10) dimana setiap kali perulangan dilakukan nilai $i akan ditambahkan dengan 1 ($i++). Jadi, ketika program menampilkan “hello world” untuk pertama kali maka nilai $i adalah 1. Untuk yang kedua kali maka nilai $i adalah 2 dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

<?php 

for ($i=1; $i <= 10; $i++) {
echo "\n nilai variabel \$i sekarang adalah = ".$i;
}

?>
Jika anda jalankan program diatas pada browser, maka akan ditampilkan kira-kira sebagai berikut:
nilai variabel $i sekarang adalah = 1
nilai variabel $i sekarang adalah = 2
nilai variabel $i sekarang adalah = 3
nilai variabel $i sekarang adalah = 4
nilai variabel $i sekarang adalah = 5
nilai variabel $i sekarang adalah = 6
nilai variabel $i sekarang adalah = 7
nilai variabel $i sekarang adalah = 8
nilai variabel $i sekarang adalah = 9
nilai variabel $i sekarang adalah = 10
Catatan : “\n pada contoh program diatas adalah untuk membuat baris baru.

Looping menggunakan while
Baik dengan menggunakan while ataupun for, pada prinsipnya proses perulangan itu sama saja. Contoh cara membuat perulangan dengan menggunakan while adalah sebagai berikut:

<?php 

$i = 1;
while ($i <= 10) {
echo "Hello World";
$i++;
}

?>
 
Pada contoh penggunaan while diatas, hampir sama dengan ketika menggunakan for yaitu terdapat inisialisasi variabel yaitu $i = 1 , kemudian terdapat pula batasan sampai kapan perulangan akan dilakukan yaitu selama $i <= 10. Selain, itu juga terdapat $i++ yang merupakan faktor penambah pada variabel $i.

Looping menggunakan do-while
Looping dengan menggunakan do-while pada dasarnya sama saja dengan while. Yang membedakan adalah kondisi dituliskan di bagian akhir perulangan, perhatikan contoh berikut:
<?php 

$i = 1;
do{
echo "Hello World";
$i++;
}while ($i <= 10)

?>
 
Jika diterjemahkan ke dalam bahasa manusia kode diatas berarti “lakukan (do) semua perintah yang ada di dalam kurung kurawal, selama (while) $i kurang dari sama dengan sepuluh.
closure
Diatas, anda telah belajar tentang looping. Diharapkan setelah membaca tulisan ini anda bisa paham mengenai looping. Jika ada yang perlu ditanyakan anda bisa memberikan komentar pada kolom komentar di bawah. Khusus untuk looping menggunakan foreach, akan dibahas pada artikel selanjutnya karena anda perlu memahami tentang array terlebih dahulu sebelum belajar menggunakan foreach.

Okay kalo udah paham , mari kita buat programnya

Alur Aplikasi

Aplikasi sederhana ini terdiri dari 3 alur sederhana, yaitu daftar buku, form order dan proses order. Pada alur pertama menampilkan halaman berisikan sejumlah daftar buku yang diambil dari tabel buku yang tersimpan di database. Pada form order, menampilkan form yang berisikan informasi belanja buku dari pengunjung. Dan proses order merupakan alur terakhir yang di dalamnya memproses informasi dari form order yang dimasukkan oleh pengunjung.
Alur Aplikasi
Berikut penjelasan setiap alur dalam aplikasi yang akan dibuat:
  • Alur 1 - Daftar Buku
Pada alur pertama, ditampilkan daftar buku yang diambil dari tabel buku yang tersimpan di database. Pada halaman ini, terdapat daftar buku beserta harganya.
  • Alur 2 - Form Order
Halaman ini memunculkan web form yang berisikan kolom-kolom data pembelian seperti nama pembeli, alamat, buku yang dibeli, dan jumlahnya.
  • Alur 3 - Proses Order
Bagian ini memproses data-data yang dimasukkan dari Form Order pada alur 2, hasil yang diperoleh berupa halaman konfirmasi serta memasukkan hasil pembelian ke dalam tabel.

Membuat Database

Sebelum melakukan pengkodean aplikasi, persiapkan terlebih dahulu database untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh aplikasi. Kita dapat menggunakan phpMyAdmin untuk mengatur database seperti membuat database, membuat tabel dan field, memasukkan data dan lain sebagainya. Berikut struktur database Aplikasi Toko Buku Sederhana:
Nama database: bookstore
  • Tabel books: berisikan daftar buku
Field Tipe Deskripsi Keterangan
book_id int ID Buku Primary Key & AUTO_INCREMENT
book_name varchar(10) Nama Buku -
book_price decimal(10,2) Harga Buku -
  • Tabel orders: berisikan order / pembelian yang dilakukan oleh pengunjung
Field Tipe Deskripsi Keterangan
order_id int ID Order Primary Key & AUTO_INCREMENT
order_name varchar(10) Nama Pembeli -
order_address text Alamat Pembeli -
book_id int ID Buku Foreign Key dari tabel books
order_amount decimal(10,2) Jumlah Pembelian -
Pastikan phpMyAdmin telah terinstal, dan buka di peramban web dengan alamat http://localhost/phpmyadmin. Lalu pada halaman "Home" phpMyAdmin klik tab "Databases", dan masukkan "bookstore" (tanpa tanda kutip) pada bagian "Create new database".
Membuat database
Database dengan nama "bookstore" akan disimpan di MySQL. Pilih database "bookstore" yang telah dibuat sebelumnya, lalu pada bagian "Create table on database bookstore", masukkan nama tabel yang ingin dibuat, tabel pertama yang dibuat adalah "books" dan masukkan banyaknya kolom / field pada tabel tersebut.
Membuat tabel
Setelah mendefinisikan nama tabel beserta banyaknya field, langkah selanjutnya adalah mengatur struktur tabel. Di bagian ini, kita menentukan tipe data pada setiap field, menentukan "Storage engine", dan pengaturan lainnya. Untuk tipe field, silahkan lihat pada tabel struktur database di atas. Lakukan langkah yang sama pada pembuatan tabel "orders".
Mengatur struktur tabel
Isikan beberapa data contoh pada tabel "books". Caranya dengan memilih tabel "books", lalu klik tab "Insert". Masukkan beberapa data di dalamnya.
Memasukkan data pada tabel

Mengelola File-file yang Dibutuhkan

File-file aplikasi terdiri dari file PHP, CSS dan gambar yang dibutuhkan untuk tampilan. Berikut struktur file aplikasi:
Folder images berisikan gambar-gambar yang dibutuhkan untuk tampilan
list.php file PHP yang berisikan script untuk menampilkan daftar buku
order.php file PHP yang berisikan script untuk menampilkan Form Order
order_process.php file PHP yang berisikan script yang memproses data-data dari Form Order
style.css file CSS yang digunakan untuk merapihkan tampilan
Struktur file aplikasi
Buat file-file serta folder yang dibutuhkan di lokasi dokumen web server agar dapat dieksekusi oleh web server. Untuk file-file gambar, silahkan unduh di sini

Alur 1 - Membuat Daftar Buku

Semua skrip yang digunakan untuk menampilkan data buku disimpan pada file list.php. Dua langkah dalam menampilkan daftar buku, pertama mengambil data yang tersimpan di dalam database, selanjutnya menampilkan dalam bentuk HTML.
Berikut pengkodean untuk mengambil data daftar buku yang tersimpan dalam database:
mysql_connect('localhost', 'root', '');
mysql_select_db('bookstore');
$result = mysql_query("SELECT * FROM books");
Pada baris pertama, fungsi mysql_connect() melakukan koneksi ke MySQL dan dilanjutkan dengan baris berikutnya memilih database 'bookstore' dengan menggunakan fungsi mysql_select_db(). Ketika koneksi ke MySQL dan memilih database berhasil, dengan menggunakan perintah "SELECT" untuk mengambil data dari tabel "books" dan hasil dari query yang dilakukan fungsi mysql_query() dimasukkan ke dalam variabel $result.
Selanjutnya, data yang diambil dari kode di atas kemudian ditampilkan dalam bentuk HTML. Berikut kode untuk menampilkan data daftar buku: 

echo "<h1>Books List</h1>";
echo "<ul>";
while($data = mysql_fetch_array($result)) {
echo "<li>$data[book_name] : Rp. $data[book_price]</li>";
}
echo "</ul>";
 
Fungsi echo digunakan untuk menampilkan keluaran dalam bentuk HTML. Struktur kendali perulangan while digunakan untuk melakukan perulangan dari data-data yang berhasil diperoleh dari query sebelumnya. Fungsi mysql_fetch_array() digunakan untuk mengambil data dari variabel $result yang dikembalikan dalam bentuk array.
Secara utuh, skrip file list.php adalah sebagai berikut: 


Semoga Bermanfaat :)




Previous
Next Post »
Thanks for your comment